Konveksi Sweater sebagai industri kreatif

Indonesia memang terkenal sebagai salah satu negara konsumsi, mulai dari elektronik, sampai makanan. Tapi di balik itu semua Indonesia juga terkenal dengan proses produksinya. Salah satunya produksi sweater atau yang lebih kita kerucutkan lagi menjadi konveksi sweater.

Sebelum dicanangkannya program yang berhubungan dengan industri kreatif di Indonesia oleh pemerintah, yang salah satunya berhubungan dengan industri fashion di masyarakat sebenarnya sudah berkembang bisnis-bisnis yang sekarang ini dimasukkan dalam ketegori bisnis kreatif.

Konveksi termasuk salah satu industri kreatif tersebut, salah satunya karena bisnis ini merupakan rangkaian proses produk yang output produknya salah satunya adalah sweater yang berkaitan dengan kreatifitas, mulai dari model, desain sampai pemilihan warna. Konveksi sweater kini menjadi salah satu primadona bisnis menengah-kecil yang mulai menjamur di seluruh Indonesia. Konveksi sweater tersebar merata hampir di seluruh daerah di Indonesia, dengan pusat industry berbasis di pulau Jawa.

Menjamurnya distro dan clothing merupakan salah satu faktor yang turut mendukung juga menjamurnya bisnis konveksi sweater. Para pemilik distro dan clothing di Bandung saja sebagai contoh, sudah pasti akan menggunakan jasa penjahit yang tersebar di berbagai lokasi yang biasanya berbentuk rumahan untuk membuat berbagai produk dari sweater, hoodie, kaos tapi kebanyakan memang memproduksi kaos.

Sweater sendiri memang menjadi primadona di berbagai negara, mulai dari anak-anak sampai orang tua memakai sweater. Sebagai produk fashion, sweater merupakan salah satu produk yang tahan banting dan terus populer sampai sekarang. Padahal berdasarkan sejarahnya, sweater termasuk produk fashion yang dalam strata paling tidak dibutuhkan.

Fungsi penggunaan awal sweater adalah untuk menahan dingin, tapi sweater kini telah berevolusi menjadi salah satu produk fashion paling trendy. Ketahanannya bukan hanya karena mampu beradaptasi dengan kondisi ekonomi, karena sweater tersedia mulai dari harga yang murah sampai yang mahal, tetapi sweater juga menyediakan tempat bagi para desainer atau para pelaku kreatif untuk bereksplorasi dalam mendesain gambar, patern atau corak warna sweater, baik itu bahan sweater sendiri yang berwarna-warni atau gambar yang ada di sweater yang bisa sangat bervariasi.

Teknik sablon serta bahan dasar cat pun terus berkembang, bahan dasar dan tehnik dasar mungkin masih sama dari jaman dulu, tapi eksplorasi mix and match tergantung pada para pelaku industri kreatif ini.

Konveksi sweater sendiri mengerjakan mulai dari pola, bahan, pembuatan sampai sweater itu jadi, yang berbeda biasanya hanya proses sablon. Sablon sendiri biasanya dikerjakan oleh tenaga ahli yang sudah pengalaman dengan berbagai tehnik yang memang memerlukan kemapuan khusus, jika akan menghasilkan hasil sablon yang baik.

Selain untuk distro biasanya para pelaku konveksi juga ada yang memfokuskan bisnis mereka untuk memproduksi sweater promosi atau sweater merchandise. Secara proses produksi hampir tidak ada perbedaan, perbedaan bisanya dari jenis bahan, desain serta jumlah pesanan. Sweater promosi biasanya digunakan oleh perusahaan, lembaga, event organizer atau perorangan untuk mempromosikan sebuah produk, atau bisa juga dijadikan souvenir produk tertentu. Bahan yang digunakan juga biasanya berbeda dari bahan sweater untuk fashion. Jumlah order pun bisanya cukup banyak.

Sweater merchandise sebenarnya hampir mirip dengan sweater promosi, tapi merchandise lebih merujuk pada sebuah produk yang dijadikan sumber ide. Misalnya merchandise sweater untuk produk handphone tertentu, maka desain akan merujuk pada brand tersebut, atau misalnya merchandise sweater untuk band, maka sweater akan selalu merujuk pada band tersebut, desain bisa berupa nama band, gambar personelnya atau apapun yang berkaitan dengan band tersebut.

Dalam pengerjaan proses produksi, konveksi sweater tentu akan tergantung dari pesanan klien, mulai dari bahan, desain sampai packaging biasanya akan disesuaikan dengan pesanan. Konveksi sebagai pelaksana produksi akan bergantung pada pakem tertentu yang telah disepakati dengan pihak yang memberi order sweater.

This entry was posted in Artikel Konveksi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.